Olahraga Saat Hamil? Why not?

Olahraga sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, baik sebelum ataupun selama kehamilan. Ketika hamil, olahraga menguatkan oto-otot wanita untuk melindungi sendi dan tulang belakang serta mengurangi rasa sakit menjelang melahirkan. Jika olahraga dilakukan secara teratur, tubuh dan mental Anda akan sehat, sirkulasi darah lancar karena oksigen mengalir dengan baik. Jika hal ini dipertahankan selama kehamilan maka persalinan hampir pasti menjadi lebih mudah dan nyaman. Berikut beberapa olahraga yang dapat dilakukan selama kehamilan.

Olahraga saat hamil

Berjalan kaki, olahraga ini baik untuk sirkulasi darah dan pencernaan tubuh. Yang perlu diperhatikan adalah bahwa Anda berjalan dalam situasi yang aman dan nyaman.

Berenang, merupakan bentuk latihan yang paling bagus dan dapat dilakukan sampai kelahiran. Namun yang perlu diperhatikan, pastikan airnya tidak terlalu dingin karena dapat menyebabkan kram.

Senam Kehamilan

Yoga, latihan ini sebanding dengan sebagian latihan dalam program-program olahraga prenatal, tetapi teknik pernafasannya berbeda. Diyakini teknik-teknik pernafasan yoga akan membantu tahap-tahap pembukaan sewaktu persalinan.

  Latihan pernafasan

Olahraga memang penting apalagi selama kehamilan, namun perhatikan juga tanda-tanda yang diberikan oleh tubuh Anda. Lakukan olahraga apabila Anda benar-benar sehat dan siap berolahraga. Apabila merasa lelah berhentilah dan beristirahatlah, jangan paksakan diri. Konsultasikan pada dokter atau bidan Anda sebelum melakukan aktivitas ini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s